Beberapa Macam Sistem Penyulingan Minyak Wangi dan Perbedaannya

Beberapa Macam Sistem Penyulingan Minyak Wangi dan Perbedaannya


Mesin Penyuling Minyak Pala - Pasti Anda sering mendengar yang namanya minyak atsiri bukan? Minyak yang satu ini merupakan salah satu minyak yang sering digunakan sebagai bahan dasar minyak wangi. Karena memang minyak ini mempunyai bau yang sangat unik dan juga sangat menyegarkan. Minyak yang juga dikenal sebagai minyak aromatic ini bisa diproduksi dari berbagai bahan.

Sumber yang dimaksud ialah dari bagian-bagian tumbuhan seperti daun, akar, buah, bunga, kulit kayu dan lain sebagainya. Namun tidak semua tumbuhan dapat menghasilkan minyak atsiri ini. Hanya beberapa jenis tumbuhan yang bisa menghasilkan minyak ini, contohnya daun nilam, bunga kenanga, rimpang jahe, kulit kayu akasia, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk mendapatkan minyak atsiri juga perlu melakukan tahap penyulingan atau destilasi.

Dalam melakukan proses penyulingan atau destilasi tersebut Anda bisa menggunakan mesin tertentu untuk memudahkan prosesnyaa. Mesin tersebut biasa disebut dengan nama mesin destilasi minyak atsiri. Mesin destilasi minyak kayu putih ini mempunyai dua macam mesin dan sistem yang berbeda yaitu steam dan juga boiler.

Lantas apa perbedaan dari kedua mesin tersebut?. Jika Anda mau mengetahui lebih lanjut maka perhatikan ulasan berikut ini.

1. Mesin Destilasi Boiler

penyulingan minyak atsiri sederhana, penyulingan minyak atsiri sereh, penyulingan minyak atsiri sereh wangi
Mesin Penyuling Minyak Boiler
Jika memakai mesin jenis ini maka salah satu keunggulannnya adalah mesin ini bisa menyuling minyak dari beberapa jenis bahan mulai dari dedaunan, akar, kulit kayu, rimpang dan juga kulit kayu baik dalam bentuk kering ataupun basah. Untuk cara kerja dari mesin yang satu ini adalah pertama-tama tentunya bahan dimasukkan ke ketel yang berisi air.

Setelah itu dipanaskan dengan suhu tertentu dan setelah itu akan keluar uap air. Uap air yang dihasilkan akan disalurkan melalui pipa yang terhubung langsung dengan kondensor. Uap yang masih berupa campuran dari uap air dan minyak tersebut akan dipisahkan oleh separator pemisah dan diambil bagian minyaknya saja.

Setelah proses tersebut selesai maka minyak atsiri siap untuk digunakan sebagai bahan baku untuk wewangian, minyak aroma terapi dan masih banyak lagi. Karena kemudahan dalam pengoperasiannya tersebut, menjadikan mesin penyuling sistem boiler ini sebagai mesin penyuling yang paling sering dimanfaatkan oleh pengusaha.

2. Mesin Destilasi Steam

penyuling minyak nilam, penyulingan minyak atsiri jahe, penyulingan minyak atsiri jogja
Mesin Penyulingan Minyak Steam
Setelah membicarakan tentang mesin yang memiliki sistem rebus atau boiler maka berikut ini akan dibahas tentang mesin yang menggunakan sistem uap. Mesin yang satu ini merupakan mesin yang bekerja tanpa memakai air ataupun api. Yang dimaksud disini adalah dalam proses penyulingan tersebut yang dipakai hanyalah uap yang memiliki tekanan tinggi.

Prinsip dari mesin ini ialah dengan membuat uap yang memiliki tekanan tinggi terlebih dahulu. Setelah itu, uap tersebut akan disalurkan ke sebuah ketel yang berisi bahan baku dengan menggunakan sebuah pipa. Kemudian uap dari ketel tersebut akan dialirkan langsung ke kondensor.

Setelah itu, cairan yang diproduksi dari proses sebelumnya akan dipisah antara air dan minyaknya dengan memanfaatkan separator. Minyak yang telah terpisah dari air sudah siap untuk dipakai. Yang membedakan sistem steam dan boiler hanya terletak pada proses pertamanya saja.

Setelah mengetahui perbedaan dari kedua sistem penyulingan tersebut maka Anda bisa memperoleh gambaran manakah yang lebih baik untuk dipakai. Baik sistem yang pertama ataupun yang kedua tetap mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing tinggal Anda sesuaikan dengan keperluan produksi Anda saja.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan antara sistem boiler dengan sistem steam yang bisa menjadi referensi dan juga tambahan pengetahuan untuk Anda dan kita semua. Semoga bermanfaat.

Informasi Harga dan Pemesanan Mesin

Untuk informasi mengenai Spesifikasi dan Harga Mesin anda bisa menghubungi kami melalui nomor dibawah ini.

Telepon : 0813-9000-0647 / 0858-8000-0627
Whatsapp : 0858-8000-0627
Beberapa Macam Sistem Penyulingan Minyak Wangi dan Perbedaannya Beberapa Macam Sistem Penyulingan Minyak Wangi dan Perbedaannya Reviewed by Garuda Muda 062 on May 03, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.